Cara Menghilangkan Noise Foto

Posted on

Cara Menghilangkan Noise Foto – Bagi kalian yang gemar dengan kegiatan pengambilan potret memakai kamera ponsel (HP) barangkali kalian telah pernah menyaksikan efek noise pada suatu foto.

Mungkin juga sejumlah di antara kalian mempunyai pertanyaan apa tersebut efek noise. Sebenarnya secara terbius kalian pernah melihatnya, akan namun secara terbius kalian tahu bahwa tersebut adalahsebuah efek noise.

Noise adalahbintik-bintik warna yang terdapat di suatu foto. Yang menjadiklan potret atau gambar menjadi tidak halus, serta tidak bagus bila disaksikan secara rinci visual.

Ketika kalian sedang memotret suatu obyek potret memakai kamera HP. Biasanya potret yang kalian hasilkan akan menimbulkan noise. Urusan inii diakibatkan oleh adanya sensor elektronik yang dipunyai relatif terbilang kecil. Bila dikomparasikan dengan kamera profesional laksana mirrorless maupun DSLR.

Untuk dapat medeteksi adanya efek potret noise ini, kalian mesti membuka potret memakai PC / Laptop, kemudian kalian Zoom atau perbesar lebih rinci pada potret atau gambar tersebut.

Bagi kalian yang biasa bermain microstock laksana Shutterstock, menghilangkan efek noise pada sebuah potret menjadi di antara syarat supaya potret kalian bisa diterima (approved).

Sebenarnya ada sejumlah cara guna menghindari serta menghilangkan efek noise pada suatu gambar. Salah satunya yang akan dibicarakan ialah dengan teknik Cara Menghilangkan Noise Foto menggunakan aplikasi atau software yang terdapat di PC / Laptop dan pun ponsel Android.

Noise Foto Adalah ?

Cara-Menghilangkan-Noise-Foto

Seperti yang telah kami sampaikan di atas tadi Noise adalah suatu masalah terbesar yang tidak jarang menghantui semua fotografer di dalam dunia fotografi digital.

Jika kalian mendatangi bintik-bintik pada lokasi luas dengan warna yang seragam, laksana langit. Nah, itulah sesuatu yang dinamakan noise yang sangat sering terlihat.

Biasanya tersebut adalahefek yang memang sengaja ditimbulkan pada foto-foto tertentu. Namun, pada tidak sedikit kasus, noise menjadi urusan yang paling tidak diharapkan oleh semua fotografer.

Kabar buruknya, tidak ada penyelesaian terbaik yang dapat dilakukan guna dapat menanggulangi kemunculan dari noise ini.

Eits, tetapi kalian tidak butuh berkecil hati dulu, karena ada tidak sedikit cara yang bisa kalian kerjakan untuk menghilangkan atau menghapus noise yang terdapat di potret walaupun tidak menghilangkan seutuhnya.

Penyebab Timbulnya Noise

Penyebab utama dari timbulnya efek noise merupakan tingginya nilai ISO. Semakin tinggi nilai ISO maka bakal semakin tidak sedikit pula noise yang bakal timbul pada suatu potret atau gambar.

Tingginya nilai ISO ini umumnya diakibatkan oleh pengambilan potret pada saat penyinaran sedang tidak banyak atau sedang gelap.

Di kamera ponselsendiri mode ISO seringkali diatur secara otomatis, selain tersebut sensor yang terdapat di kamera ponsel yang paling kecil akan menyebabkan nilai ISO yang tinggi andai kalian mengerjakan pengambilan gambar pada situasi pencahayaan yang kurang.

Menurut sejumlah sumber, efek noise ini nyaris tidak barangkali dapat dihilangkan. Tetapi kalian dapat meminimalisir efek noise yang terdapat di potret hasil jepretan kamera ponsel.

1. Menggunakan Software Photoshop (PC / Laptop)

Cara kesatu ialah menggunakan aplikasi yang tidak sedikit digunakan oleh pata fotografer dalam mengedit fotonya, yakni Photoshop. Untuk keterangan lebih lengkap, silakan kalian ikuti tahapan langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama kalian buka software atau aplikasi Adobe Photoshop yang terdapat di PC / Laptop kalian.
  • Kemudian pilih menu Filter > kemudian Noise > Reduce Noise.
  • Setelah tersebut pada unsur Reduce Noise kalian ubah settingannya
  • Kalau telah kalian klik Ok.
  • Kebetulan, saat kami mengupload potret di Shutterstock. Foto di reject atau ditolak, sebab dalil Compression Artifacts.
  • Setelah kami edit dengan teknik mengatur Noise seperti teknik di atas, potret akhirnya di terima.

2. Menghilangkan Noise Foto Menggunakan Aplikasi Lightroom (Smartphone)

Cara yang kedua ialah menggunakan smartphone, yakni dengan menggunakan software bernama Lightroom. Silakan kalian ikuti tahapan langkahnya di bawah ini:

  • Cara kedua ini kalian dapat memakai Aplikasi yang terdapat di ponsel kalian baik Android maupu iOS, untuk meminimalisir noise pada foto.
  • Langsung saja kalian download software Adobe Lightroom melewati Google Play Store maupun App Store.
  • Berikutnya kalian dapat buka aplikasinya, kemudian masukkan potret yang hendak kalian edit, dengan teknik memlilih icon +
  • Jika telah kalian dapat pilih icon menu rinci (gambar segitiga) , lalu bermukim kalian atur Noise Reduction dengan teknik menggeser tombol slide ke arah kanan.
  • Selain tersebut kalian juga dapat menata Color Noise Reduction bila memang diperlukan.

3. Menghilangkan Noise Foto Tanpa Menggunakan Aplikasi

Pada teknik yang terakhir ini kalian dapat mengurangi efek noise pada potret kalian tanpa menggunakan software apapun. Silakan ikuti tahapan langkah inilah ini untuk melakukannya:

  • Cara terakhir kalian dapat memakai tool yang terdapat pada website web secara online, untuk dapat mengurangi efek noise pada potret atau gambar kepunyaan kalian.
  • Langsung saja kalian kunjungi situs bigjpg.com
  • Berikutnya, kalian bermukim pilih file potret atau gambar yang inginkan kalian edit.
  • Kalau telah kalian dapat pilih tombol Start.
  • Lalu guna konfigurasinya, di unsur image type kalian dapat pilih Photo, kemudian di sini kalian dapat pun mengganti ukuran atau size potret dari 2x dan 4x.
  • Lalu pada unsur Noise Reduction kalian dapat pilih highest atau Hight, guna memilih tingkatan atau level dalam meminimalisir efek noise pada gambar atau foto.
  • Tunggu sampai semua prosesnya selesai.
  • Jika telah selesai, kalian bermukim download hasil fotonya.

Itulah sedikit ulasan dari kami tentang teknik Cara Menghilangkan Noise Foto yang terdapat di dalam suatu gambar atau potret dengan teknik memakai software adobe photoshop, adobe lightroom, sampai tanpa memakai aplikasi. Selamat mencoba, semoga berfungsi dan terima kasih.